Memilih Tempat Qurban Online yang Aman Terpercaya

Memilih Tempat Qurban Online yang Aman Terpercaya

Bukan hanya Idhul Fitri saja, melainkan hari raya Idhul Adha juga menjadi salah satu yang paling dinantikan oleh umat Islam, dimana mereka bisa merayakannya bersama dengan seluruh umat Islam yang ada di dunia, dengan menggelar sholat dan juga qurban, tentunya bukan hal yang baru lagi bagi umat muslim. Dimana Qurban ini jadi salah satu kebiasaan yang dilakukan saat Idhul Adha, dimana ada ritual menyembelih hewan ternak yang dikurbankan, kemudian dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dengan kebiasaan baik seperti ini, sebenarnya bisa membuat tali silaturahmi antar umat muslim jadi semakin kuat, karena mereka yang kaya akan berbagi kepada yang miskin. Banyak diantara jenis hewan yang dapat dikurbankan, mulai dari kambing, sapi, kerbau maupun unta, tergantung dari kemampuan masing-masing diantara Anda. Hanya saja sayangnya tak semua daerah bisa tersentuh pembagian qurban ini dengan tepat, beberapa daerah seperti kota besar mendapatkan qurban lebih banyak dari para dermawan, sehingga terkadang jumlah pembagiannya juga sangat banyak.

Namun berbeda dengan daerah terpencil, terkadang karena kondisi ekonomi yang tak memungkinkan, banyak yang tidak kebagian daging qurban. Hal inilah yang kemudian memunculkan sebuah program baru yang dikenal sebagai qurban online. Dimana ada sebuah organisasi yang akan membantu dalam mengantarkan qurban ke tempat yang tepat. Sistem ini tentunya memberikan lebih banyak manfaat bagi Anda bukan. Namun agar tak salah memilih lembaga, maka berikut ini sedikit tips yang harus diikuti, yaitu

  1. Pastikan kepercayaannya dengan mengecek secara langsung alamat resmi dari organisasi tersebut. Biasanya masyarakat sendiri hanya dapatkan tawaran dari sebuah pesan, juga website, bisa jadi dimanipulasi, jadi untuk menjaminnya sebaiknya cek juga nomor dan alamat dari organisasi tersebut.
  2. Pilih yang banyak direkomendasikan oleh orang lain, artinya memang mendapatkan banyak masukan positif dari beberapa orang yang sudah pernah menggunakan organisasi tersebut. Artinya mereka benar-benar bisa diberikan amanat untuk menitipkan qurban.
  3. Pastikan ada bukti yang diberikan, misalnya sendiri nantinya ketika proses qurban, maka Anda akan ditunjukkan video secara langsung, ataupun bentuk-bentuk dokumentasi pada saat pembagian qurban tersebut.
  4. Ketahui prosedurnya secara teliti, mulai dari bagaimana proses pembayaran, biaya yang harus dikeluarkan, sampai selesai nantinya.
  5. Hati-hati juga jika ada yang menawarkan biaya tak realistis, seperti pasaran kambing yang seharusnya hanya 2 hingga 3 juta saja menjadi lebih dari 5 juta rupiah untuk ukuran biasa.

Dari segi kemudahan cara berqurban online ini memang lebih unggul, namun juga harus berhati-hati, mengingat bentuk penipuan semacam ini sekarang juga sangat banyak. benar-benar harus diperhatikan mana lembaga yang aman dan juga tidak.